21 April 2009

Protein

Protein merupakan zat yang berfungsi sebagai pembentuk kerangka struktural tubuh, perbaikan jaringan, bagian dari asam-asam amino, dapat diubah menjadi lemak, karbohidrat dan substansi-substansi lain serta sebagai bagian aktif dalam metabolisme tubuh. Protein-protein di dalam tubuh berada dalam keseimbangan yang dinamis. Protein-protein tersebut secara teratur diuraikan dan dibentuk (disintesis) kembali. Proses ini disebut katabolisme dan anabolisme.

Katabolisme merupakan proses dimana protein dipecah menjadi polipeptida-polipeptida dan asam-asam amino bebas dengan bantuan enzim-enzim seperti pepsin, tripsin dan khimotripsin. Penyempurnaan pencernaan melalui hidrolisa peptida oleh enzim karboksi peptidase menjadi ukuran yang lebih kecil dengan pemecahan ikatan peptida. Sedangkan anabolisme merupakan proses perubahan asam-asam amino menjadi peptida serta proses perubahan peptida menjadi protein.

Pada ternak dewasa yang tidak bunting maupun tidak laktasi, proses katabolime protein seimbang dengan proses anabolisme protein. Dalam hal ini ternak dikatakan dalam keseimbangan protein yang ditunjukkan bahwa nitrogen dalam makanan sama dengan nitrogen yang dikeluarkan (diekskresi). Namun pada ternak yang sedang tumbuh, proses anabolisme protein melebihi katabolisme protein. Jika ternak tidak memperoleh pakan dalam jangka waktu yang lama, pengeluaran nitrogen akan melebihi nitrogen yang diperoleh dari pakan. Pada ternak non ruminansia, protein diubah menjadi asam-asam amino namun pada ternak ruminansia, protein diubah menjadi asam-asam amino, peptida dan amonia.

Ada dua sumber asam-asam amino yaitu dari pencernaan protein pakan yang biasa disebut sumber protein eksogen dan yang berasal dari hidrolisis jaringan-jaringan protein yang telah tidak terpakai yang disebut sumber protein endogen. Kedua protein tersebut membentuk pool metabolik asam-asam amino yang tedapat dalam keadaan dinamis.

Peranan utama asam amino adalah sebagai sintesis jaringan protein, namun asam amino juga dapat diubah menjadi metabolit-metabolit esensial lain seperti dalam biosintesis kreatin, kholin, purin, pirimidin, porfifin, epinefrin, tirokain, niasin, melamin, asam-asam empedu, produk-produk detoksikasi, glukosa dan badan keton.

Kandungan protein bahan pakan unggas dicerminkan dari komposisi masing-masing asam amino yang terkandung di dalamnya. Komposisi asam amino terutama asam amino esensial menjadi acuan dalam penyusunan pakan unggas. Beberapa bahan pakan memiliki protein yang tinggi namun defisien terhadap asam amino esensial. Asam amino seperti lisin, metionin dan treonin merupakan asam amino esensial bagi unggas dan merupakan asam amino pembatas. Asam amino esensial merupakan asam amino yang tidak dapat disintesis oleh tubuh ternak sehingga harus diperoleh dari pakan. Oleh karena itu, pakan unggas harus tercukupi kandungan asam aminonya agar ternak tidak defisiensi salah satu atau lebih asam amino. Namun ada pula asam amino yang dapat disintesis oleh tubuh ternak yang dinamakan asam amino non esensial. Meskipun dalam pakan defisensi asam amino non esensial namun tubuh unggas mampu mensintesis asam amino non esensial.

Komponen dari asam amino dapat dilihat pada gambar berikut:


Bahan pakan di Indonesia terdiri dari berbagai macam namun hanya beberapa yang memiliki kandungan metionin yang cukup. Oleh karena itu, metionin merupakan asam amino pembatas di Indonesia sehingga pemerintah Indonesia harus impor bungkil kedelai sebagai bahan pakan sumber protein yang kaya akan metionin agar dapat digunakan sebagai campuran pakan dan mencukupi kandungan metioninnya. Suplementasi metionin sintetik dalam bentuk DL-metionin juga dapat dilakukan untuk mencukupi kebutuhan metionin dalam pakan namun asam amino sintetik harganya mahal dan jarang dijual di pasaran.

Bahan pakan sumber protein diperoleh dari bungkil-bungkilan sebagai limbah pertanian seperti bungkil kedelai, bungkil kelapa, bungkil kapas dan sebagainya serta limbah peternakan seperti MBM dan tepung ikan.

2 komentar:

  1. terima kasih sudah membantu menyelesaikan tugas sekolah saya ^_^

    BalasHapus
  2. Kira2 untuk beli metionin bisa dimana ya? Apa ada di toko2 bahan kimia? Terimakasih

    BalasHapus